Ebook PDF Free Rekaya Perangkat Lunak
Rekayasa Perangkat Lunak (Software Engineering) adalah disiplin ilmu yang berkaitan dengan pengembangan perangkat lunak secara sistematis, terstruktur, dan disiplin ilmu. Materi-materi utama yang terkait dengan rekayasa perangkat lunak meliputi:
1. Analisis Kebutuhan (Requirement Analysis): Proses untuk memahami, mendokumentasikan, dan mengelola kebutuhan pengguna dan sistem yang akan dikembangkan. Ini melibatkan identifikasi tujuan, fungsionalitas, dan batasan sistem yang diinginkan.
2. Perancangan Perangkat Lunak (Software Design): Tahap ini melibatkan merancang struktur sistem perangkat lunak yang akan dikembangkan. Hal ini mencakup perancangan arsitektur, desain modul, antarmuka pengguna, dan desain database.
3. Implementasi Perangkat Lunak (Software Implementation): Tahap ini melibatkan pembuatan perangkat lunak berdasarkan desain yang telah dirancang sebelumnya. Biasanya dilakukan dengan menggunakan bahasa pemrograman dan alat pengembangan perangkat lunak.
4. Pengujian Perangkat Lunak (Software Testing): Proses verifikasi dan validasi perangkat lunak untuk memastikan bahwa perangkat lunak berfungsi sesuai dengan kebutuhan yang telah ditetapkan. Tujuan pengujian adalah untuk menemukan kesalahan (bug), memastikan kualitas, dan memastikan kelayakan perangkat lunak.
5. Pemeliharaan Perangkat Lunak (Software Maintenance): Proses untuk memperbaiki, meningkatkan, dan memperluas perangkat lunak setelah dirilis. Pemeliharaan dapat melibatkan perbaikan bug, peningkatan performa, penyesuaian dengan perubahan kebutuhan, dan penambahan fitur baru.
6. Manajemen Proyek Perangkat Lunak (Software Project Management): Disiplin yang terkait dengan perencanaan, pengorganisasian, dan pengendalian proyek pengembangan perangkat lunak. Ini melibatkan pengaturan jadwal, alokasi sumber daya, pemantauan kemajuan, dan manajemen risiko.
7. Rekayasa Perangkat Lunak Berorientasi Objek (Object-Oriented Software Engineering): Pendekatan pengembangan perangkat lunak yang menggunakan konsep pemrograman berorientasi objek. Hal ini melibatkan pemodelan sistem menggunakan objek, kelas, pewarisan, dan polimorfisme.
8. Rekayasa Perangkat Lunak Bergerak (Mobile Software Engineering): Prinsip dan praktik yang berkaitan dengan pengembangan perangkat lunak untuk perangkat bergerak, seperti smartphone dan tablet. Ini melibatkan pertimbangan khusus untuk keterbatasan perangkat keras dan perangkat lunak yang ada pada platform mobile.
9. Rekayasa Perangkat Lunak Berbasis Web (Web Software Engineering): Pengembangan perangkat lunak yang terkait dengan aplikasi berbasis web. Ini meliputi pengembangan antarmuka pengguna web, pengembangan backend, keamanan web, dan optimisasi kinerja web.
1. Analisis Kebutuhan (Requirement Analysis): Proses untuk memahami, mendokumentasikan, dan mengelola kebutuhan pengguna dan sistem yang akan dikembangkan. Ini melibatkan identifikasi tujuan, fungsionalitas, dan batasan sistem yang diinginkan.
2. Perancangan Perangkat Lunak (Software Design): Tahap ini melibatkan merancang struktur sistem perangkat lunak yang akan dikembangkan. Hal ini mencakup perancangan arsitektur, desain modul, antarmuka pengguna, dan desain database.
3. Implementasi Perangkat Lunak (Software Implementation): Tahap ini melibatkan pembuatan perangkat lunak berdasarkan desain yang telah dirancang sebelumnya. Biasanya dilakukan dengan menggunakan bahasa pemrograman dan alat pengembangan perangkat lunak.
4. Pengujian Perangkat Lunak (Software Testing): Proses verifikasi dan validasi perangkat lunak untuk memastikan bahwa perangkat lunak berfungsi sesuai dengan kebutuhan yang telah ditetapkan. Tujuan pengujian adalah untuk menemukan kesalahan (bug), memastikan kualitas, dan memastikan kelayakan perangkat lunak.
5. Pemeliharaan Perangkat Lunak (Software Maintenance): Proses untuk memperbaiki, meningkatkan, dan memperluas perangkat lunak setelah dirilis. Pemeliharaan dapat melibatkan perbaikan bug, peningkatan performa, penyesuaian dengan perubahan kebutuhan, dan penambahan fitur baru.
6. Manajemen Proyek Perangkat Lunak (Software Project Management): Disiplin yang terkait dengan perencanaan, pengorganisasian, dan pengendalian proyek pengembangan perangkat lunak. Ini melibatkan pengaturan jadwal, alokasi sumber daya, pemantauan kemajuan, dan manajemen risiko.
7. Rekayasa Perangkat Lunak Berorientasi Objek (Object-Oriented Software Engineering): Pendekatan pengembangan perangkat lunak yang menggunakan konsep pemrograman berorientasi objek. Hal ini melibatkan pemodelan sistem menggunakan objek, kelas, pewarisan, dan polimorfisme.
8. Rekayasa Perangkat Lunak Bergerak (Mobile Software Engineering): Prinsip dan praktik yang berkaitan dengan pengembangan perangkat lunak untuk perangkat bergerak, seperti smartphone dan tablet. Ini melibatkan pertimbangan khusus untuk keterbatasan perangkat keras dan perangkat lunak yang ada pada platform mobile.
9. Rekayasa Perangkat Lunak Berbasis Web (Web Software Engineering): Pengembangan perangkat lunak yang terkait dengan aplikasi berbasis web. Ini meliputi pengembangan antarmuka pengguna web, pengembangan backend, keamanan web, dan optimisasi kinerja web.
Itu adalah beberapa materi utama yang terkait dengan rekayasa perangkat lunak. Tentu saja, ada banyak lagi topik yang lebih rinci yang dapat dipelajari dalam bidang ini.
Berikut ini modul yang akan digunakan untuk kelas RPL dosen FTI - UKSW
Download pdf disini :
0 Komentar
Penulisan markup di komentar